06.01

Kalou "Hat-trick", Chelsea Menang Tujuh Gol

Pemain Chelsea Salomon Kalou (kanan).
Minggu, 25/4/2010 | 23:59 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Chelsea tak memberi ampun kepada Stoke City dalam duel Liga Inggris di Stamford Bridge, Minggu (25/4/2010). Ditandai dengan "hat-trick" Salomon Kalou, "The Blues" pesta tujuh gol tanpa balas dan merebut kembali takhta liga.

Selain tiga gol yang diciptakannya, Kalou juga memenangkan sebuah penalti untuk Chelsea, yang kemudian dituntaskan oleh Frank Lampard di akhir babak pertama. Secara keseluruhan, selisih gol Chelsea kini bertambah menjadi 60, unggul tujuh biji di atas Manchester United.

Chelsea yang pada laga semalam kembali menurunkan bek Ashley Cole menguasai lapangan sejak menit awal. Pergeseran posisi yang dilakukan Didier Drogba dan Salomon Kalou ikut mengubah pertahanan tim tamu.

Di menit ke-24, Drogba pamer kebolehan di sayap kanan. Sambil menekuk kaki ke belakang, ia menghentikan umpan lambung dari tengah. Drogba kemudian mengirim crossing rendah dan ditanduk oleh Kalou di depan gawang. Gol, 1-0 untuk Chelsea.

Hanya dalam waktu tujuh menit, Kalou kembali membobol gawang Thomas Sorensen. Sorensen sebelumnya menahan tendangan keras Lampard, tapi gagal membendung sodokan Kalou. Sorensen cedera dalam upayanya menahan Kalou dan digantikan Asmir Begovic.

"The Potters" sendiri nyaris tak bisa masuk kotak penalti Chelsea selain aksi Ricardo Fuller di sayap kanan. Namun, rapatnya pertahanan "The Blues" membuat peluang tim tamu hilang tak berbekas.

Setelah itu, laga menjadi milik tuan rumah. Pelanggaran yang dibuat Robert Huth terhadap Kalou menghasilkan penalti untuk Chelsea di menit ke-44. Lampard menjadi algojo dan sukses menipu Begovic. Skor 3-0 bertahan sampai jeda.

Chelsea kembali memainkan tempo cepat di awal babak kedua. Namun, hingga 15 menit kemudian, "The Blues" mulai menurunkan tempo. Namun, itu tak menghalangi Kalou untuk mencetak gol ketiganya. Diawali umpan jarak jauh Lampard, Kalou membawa bola ke kotak penalti. Tendangan pertamanya membentur kiper Begovic, tapi bola muntah dibabatnya masuk ke dalam jaring.

Setelah Florent Malouda membuang dua peluang, Lampard menambah gol di menit ke-81. Dengan cerdik ia mengelabui Begovic dengan tendangan kaki kanan usai menerima kiriman bola dari Joe Cole di sayap kanan.

Tiga menit menjelang bubar, Stoke sudah tak ada harapan untuk membalas. Dua gol pun bersarang dalam waktu cepat. Di menit ke-87, Daniel Sturridge memasukkan si kulit bulat berkat assist Drogba. Dua menit kemudian, Malouda menyelesaikan bola di depan gawang dengan sodokan keras.

Susunan pemain:
Chelsea:
Cech; A. Cole; Alex, Ivanovic, Ferreira (Hutchinson 73); Malouda, Ballack, Lampard; Drogba, Kalou (J. Cole 71); Anelka (Sturridge 79).

Stoke: Sorensen (Begovic 36); Collins, Higginbotham, Faye (Shawcross 8), Huth; Etherington, Whelan, Delap, Whitehead; Kitson (Tuncay 59), Fuller.

LHW

Editor: lhw

0 komentar:

Posting Komentar