03.32

Militan Bunuh Empat Tersangka Mata-mata AS

MIRANSHAH, KOMPAS.com — Kelompok militan membunuh empat pria, memenggal dua di antaranya, dan membuang mayat mereka di daerah suku di bagian barat laut Pakistan karena dituduh mata-mata AS.

Pejabat polisi setempat, Kalam Khan, kepada AFP, Jumat (23/4/2010), mengatakan, mayat mereka ditemukan di sisi sebuah jalan di desa Khadi, 25 kilometer di timur Miranshah, kota penting di daerah suku Waziristan Utara dekat perbatasan Afganistan. Khan mengatakan, dua mayat ditemukan tanpa kepala, sedangkan dua orang lainnya memiliki banyak luka peluru. Dua dari orang-orang itu adalah warga Afganistan, sedangkan yang lain anggota suku setempat yang diculik dari Miranshah tiga pekan lalu.

Seorang pejabat intelijen setempat mengatakan, sebuah catatan ditemukan di dekat mayat-mayat itu, yang menyatakan, "Semua orang yang melakukan mata-mata untuk AS dan Pakistan akan menderita nasib yang sama."

Kelompok militan sering kali menculik dan membunuh anggota-anggota suku di wilayah yang menghadapi kesulitan itu. Kelompok itu menuduh mereka melakukan kegiatan mata-mata untuk Pemerintah Pakistan atau pasukan AS di Afganistan, tempat gerilyawan Taliban melancarkan pemberontakan.

Serangkaian serangan pengeboman oleh pesawat tak berawak AS juga menghantam bagian barat laut Pakistan dalam beberapa bulan terakhir, sebagian besar di Waziristan Utara, kubu pertahanan Al Qaeda, Taliban, dan gerilyawan terkait Al Qaeda.

0 komentar:

Posting Komentar