03.31

Rudal AS Tewaskan 5 Militan Pakistan

MIRANSHAH, KOMPAS.com - Tiga rudal yang ditembakkan pesawat Amerika Serikat menghantam sebuah kompleks di Wazirisan Utara, Pakistan, dekat perbatasan Afghanistan, Senin (26/4) dan menewaskan lima gerilyawan.

Serangan itu terjadi sekitar 24 kilometer di timur Miranshah, kota utama di Waziristan Utara, yang dikenal sebagai pangkalan gerilyawan Taliban dan Al Qaeda. "Kami mendapat laporan-laporan yang telah dikonfirmasi bahwa lima orang tewas, tetapi jumlah itu bisa meningkat," kata seorang pejabat intelijen Pakistan di wilayah itu, yang menolak disebut namanya.

Itu adalah serangan kedua oleh pesawat tanpa pilot AS di daerah tersebut dalam dua hari belakangan. Tujuh gerilyawan tewas dalam serangan serupa, Sabtu. Amerika Serikat yang berusaha menstabilkan Afghanistan, meningkatkan serangan-serangan rudalnya di wilayah barat laut Pakistan setelah seorang pembom bunuh diri Jordania menewaskan tujuh karyawan badan inteljen CIA di pangkalan AS di seberang perbatasan itu di Provinsi Khost, Afghanistan timur, Desember tahun lalu.

Sebagian besar serangan tahun ini dilancarkan di Waziristan Utara. Pakistan, sekutu AS, secara resmi berkeberatan atas serangan-serangan udara itu dengan mengatakan bahwa tindakan itu melanggar kedaulatannya dan meningkatkan sikap anti AS, yang menyulitkan usaha-usaha Pakistan menghadapi para gerilyawan.

0 komentar:

Posting Komentar