21.50

Liga Champions Asia Jandri Menawan, Persipura Raih Kemenangan Pertama



JAKARTA, Penampilan gemilang dan menawan Jandri Pitoy berhasil membawa Persipura Jayapura menang 2-0 melawan Changchun Yatai FC pada pertandingan terakhir Grup F Liga Champions Asia (LCA), Rabu (28/4/2010).

Jandri tampil impresif dengan menggagalkan dua penalti Changchun. Ini adalah kemenangan sekaligus poin pertama tim "Mutiara Hitam" di LCA.

Walau sudah tak berpengaruh, kemenangan ini tentu patut disambut gembira karena dari lima partai sebelumnya, Persipura kerap dibantai lawan-lawannya. Ini juga membalas kekalahan 0-9 yang diterima Ortizan Solossa dan kawan-kawan bulan lalu dari Changchun.

Tempo berjalan lambat di awal pertandingan. Kedua tim yang sama-sama tak berpeluang lolos bermain santai. Peluang pertama baru lahir di menit ke-12.

Penyerang Changchun, Liu Weidong, melakukan tusukan berbahaya ke kotak penalti Persipura. Akibatnya, Hendra Ridwan harus menjegalnya guna menghentikan pergerakan pemain bernomor punggung 21 tersebut.

Sial, wasit Shamsuzzaman Tayeb Hasan melihat hal itu sebagai pelanggaran dan langsung memberikan Changchun hadiah penalti. Cao Tianbao, yang maju sebagai eksekutor, gagal melaksanakan tugasnya setelah tembakannya berhasil ditangkap Jandri Pitoy, gawang tim "Mutiara Hitam" pun selamat.

Tempo langsung naik dengan cepat. Persipura mulai berani menyerang pertahanan Changchun melalui kecepatan kedua sayapnya. Erol Iba, yang di awal pertandingan lebih banyak bertahan, berhasil menerobos sektor kanan pertahanan Changchun dan melepas umpan manis ke Eduard Ivakdalam di menit ke-27.

Tanpa ragu, sang kapten langsung menaklukkan gawang Changchun, 1-0 untuk Persipura. Kedudukan ini bertahan hingga masa turun minum.

Di paruh kedua, Changchun tampil lebih bersemangat dan langsung menekan pertahanan tim "Mutiara Hitam" sejak peluit dibunyikan.

Gelandang Changchun, Zhang Wengzhao, mendapat ruang tembak di kotak penalti pada menit ke-47. Erol yang berada di dekatnya langsung menghentikannya dengan tekel keras. Wasit pun kembali menghadiahi Changchun penalti kedua.

Namun, lagi-lagi Jandri menunjukkan kehebatannya sebagai salah satu kiper terbaik Tanah Air dengan menepis tembakan Liu Xiaodong.

Aksi heroik Jandri itu menaikkan semangat tim "Mutiara Hitam". Serangan balik nan cepat langsung dilancarkan Eduard kawan-kawan. Ian Kabes melakukan aksi individu nan cantik di menit ke-65.

Mendapat bola di sektor kiri, Ian langsung menggunakan kecepatannya untuk melewati beberapa bek Changchun dan melepas umpan datar ke mulut gawang kiper Zong Lei. Dengan cepat Tinus Pae langsung menyambarnya, 2-0 untuk Persipura. Kedudukan bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain:

Persipura Jayapura: Jandri, Erol, Richardo, Eduard, Ian, Gerald, David (Imanuel 68), Tinus, Hendra (Stevie 56), Ortizan, Victor

Changchun Yatai FC: Zong, Steer, Zhang, Al,Cao, Zhang, Liu, Yan, Lu, Zhang, Liu (Wen 72)

0 komentar:

Posting Komentar