21.43

Sihir Messi Lumpuhkan "Kelelawar"



Lionel Messi merayakan hat-trick ke gawang Valencia, seraya menunjukkan tulisan "Para Vos Valen" di kaus dalamnya.


BARCELONA, Perlawanan Valencia membuat Barcelona sempat kesulitan, meski tampil di Stadion Camp Nou dalam lanjutan Divisi Primera, Minggu atau Senin (15/3/2010). Namun, Lionel Messi mengakhiri kebuntuan. Dengan bakat individunya, dia seolah menyihir pertandingan dan melumpuhkan "Kelelawar" 3-0 lewat hat-trick.

Ini adalah kemenangan yang sangat berarti bagi Barca. Pasalnya, mereka sedang dipepet Real Madrid. Dengan hasil itu, "El Barca" sementara kembali kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 65 poin atau unggul tiga poin dari Madrid. Real Madrid sendiri baru bermain lawan Real Valladolid saat berita ini diturunkan.

Laga ini memang cukup bergengsi bagi kedua tim. Lumrah bila keduanya tampil dengan permainan cepat. Meski begitu, "Kelelawar", julukan Valencia, mengancam gawang Barcelona terlebih dulu.

Ancaman dilepaskan Jordi Alba yang melepaskan tandukan, memaksimalkan umpan silang Miguel pada menit kelima. Sayang, tandukannya masih melayang di atas mistar gawang Victor Valdes.

Barca tak tinggal diam. Mereka balik menggempur tamunya. Lionel Messi, Bojan Krkic, dan Pedro saling bahu-membahu merobek pertahanan Valencia. Pada menit ke-21, Barca nyaris unggul lewat tandukan Gabriel Milito. Sayang, bola yang jatuh di bibir gawang masih bisa dikuasai oleh kiper Valencia, Cesar.

Ancaman itu tak sedikit pun menggentarkan nyali David Silva dkk. Penetrasi sang tamu cukup merepotkan lini pertahanan yang dipimpin Carles Puyol. Pergerakan Silva nyaris menjadi petaka bagi tuan rumah pada menit ke-29. Beruntung, Gerard Pique berhasil menggagalkan tembakannya.

Berselang tiga menit, Barca memiliki peluang lewat aksi Messi. Penyerang Argentina itu melakukan solo run dan berhasil menembus kotak penalti. Namun, Messi gagal menceploskan bola meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Cesar.

Aksi Messi belum berhenti. Pada menit ke-39, ia mengirim umpan terobosan kepada Pedro seusai sukses mengecoh tiga bek Valencia. Sayang, Pedro membuang kesempatan setelah tembakannya melebar ke sisi kiri gawang Cesar. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Barcelona masih kesulitan membongkar pertahanan Valencia pada babak kedua. Barcelona pun berusaha melakukan perubahan di lini depan dengan menarik Krkic untuk digantikan dengan Thierry Henry. Masuknya Henry memang tepat. Lini serang "EL Barca" semakin tajam.

Namun, pada akhirnya kemampuan individu Messi pula yang mengubah keadaan. Dia sukses memecah kebuntuan dengan permainannya yang seolah punya daya sihir. Pada menit ke-56, Cesar harus mengakui ketajaman Messi. Seusai menguasai umpan Xavi, Messi meliuk-liuk dengan indah, melewati adangan Banega dan Ibanez. Kemudian, dengan mudah dia memperdaya kiper Valencia, Cesar, sekaligus membuka kemenangan Barcelona.

Messi pun langsung merayakan hal itu di depan pendukungnya seraya mengangkat kausnya dan menunjukkan tulisan di kaus dalamnya, "Para Vos Valen" yang artinya lebih kurang "Kalian Semua Begitu Berharga".

Pada menit ke-66, Maxwell berhasil mencetak gol, memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Xavi. Namun, dia berada di posisi offside sehingga golnya dianulir.

Valencia menyelipkan sebuah ancaman lewat aksi Nikola Zigic pada menit ke-68. Zigic melakukan solo run seusai menerima umpan terobosan. Tinggal berhadapan dengan Valdes, dia gagal mencetak gol. Tendangannya masih bisa diblok Valdes.

Berselang semenit, Valencia mendapat petaka karena harus bermain dengan sepuluh pemain. Hedwiges Maduro mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Messi di depan kotak penalti.

Sementara itu, Messi kian merajalela. Lagi-lagi, ia berhasil membobol gawang Valencia setelah memanfaatkan umpan Thierry Henry, kemudian meliuk-liuk lagi untuk menerobos pertahanan lawan.

Dua menit kemudian, Messi kembali membuat pendukung seisi Stadion Camp Nou bersorak. Golnya semakin spektakuler karena ia menciptakannya dengan kaki kanan. Gol ini juga tak terlepas dari kontribusi Henry yang cerdas membaca pergerakan Messi. Gol Messi ini memeteraikan kemenangan Barcelona 3-0.

Susunan Pemain
Barcelona: Valdes, Milito, Pique, Maxwell, Alves, Busquets, Iniesta (Suarez 87), Xavi, Pedro, Krkic (Henry 46), Messi (Toure 88).
Valencia: Cesar, Ibanez, Maduro, Bruno (Baraja 77), Miguel, Banega, Albelda, Dominguez (Zigic 65), Silva, Alba, Pablo.

0 komentar:

Posting Komentar